>

Rabu, 26 Maret 2014

Tugas Kuliah Manajemen Lalulintas jaringan



 1.    Fungsi Bridge dalam jaringan dan contoh gambar :
Bridge merupakan perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah. Bridge bias menghubungkan tipe jaringan berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet) atau tipe jaringan yang sama.
Bridge memetakan alamat Ethernet dari setiap node yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan memperbolehkan hanya lalulintas data yang diperlukan melintasi bridge.
Ketika menerima sebuah paket, bridge menentukan segmen tujuan dan sumber. Jika segmennya sama, paket akan ditolak, jika segmennya berbeda, paket diteruskan kesegmen tujuannya. Bridge juga bias mencegah pesan rusak untuk takmenyebar keluar dari satu segmen.


Fungsi Bridge:
Fungsi bridge yaitu dapat memisahkan suatu paket data yang harus dikirimkan pada jaringannya sendiri atau pada jaringan yang lain, apabila kedua jaringan terhubung. Bridge dapat berfungsi sebagai router pada jaringan lebih luas. Hal tersebut dinamakan dengan istilah brouter (bridge-router). Bridge juga dapat mengcopy frame data dari suatu jaringan yang lain. Asalkan jaringan tersebut masih terhubung.
 2.    Definisi EOIP:
 Ethernet over IP (EoIP) Tunneling MikroTik Router OS adalah protokol yang membuat sebuah Ethernet tunnel antara dua router di atas koneksi IP. Interface EoIP muncul sebagai interface Ethernet. Ketika fungsi bridging dari router diaktifkan, semua lalulintas Ethernet ( semua protokol Ethernet) akan dijembatani sama seperti jika ada dimana interface Ethernet fisik dan kabel antara dua router (dengan bridging diaktifkan).
Fungsi dari Eoip adalah secara transparans bias melakukan bridge ke network remote. Maksimum jumlah tunnel yang dapat dibuat EOIP tunnel adalah 65535
EOIP tunnel merupakanteknik tunneling propetiary yang dimilikiolehmikrotik. EOIP tunnel merupakan singkatan dari Ethernet Over Internet Protocol, sehingga dengan menggunakan EOIP tunnel adalah bertujuan membuat tunnel melalui Ethernet antara 2 router yang menggunakan IP connection.
EOIP tunnel dapat digunakan dengan menggabungkannya dengan IP tunnel, PPTP tunnel maupun jenis tunneling lainnya. Selainitu, dapat juga dikombinasikan dengan jenis pengamanan IP, yaitu IPSec.
Berikut ini beberapa kemampuan yang dapat ditawarkan dengan pemanfaatan EOIP Tunnel :
- Kemungkinan melakukan bridging LAN melalui
- Kemungkinan melakukan bridging LAN melalui tunnel yang ter-enkripsi
- Kemungkinan melakukan bridging LAN dengan wireless network.
 3.    Simulasi gambar jaringan perusahaan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentar Disini :