>

Kamis, 03 April 2014

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi sering digunakan di kehidupan sehari-hari termasuk dalam dunia kegiatan pembelajaran. Bahkan ada sebagian orang yang mengidentikkan TIK dengan komputer atau internet. 
Menurut Puskur Diknas Indonesia, Teknologi Informasi Dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
[1] Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
[2] Teknologi Komunikasi, segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat satu ke perangkat lainnya.
Dari penjelasan diatas disimpulkan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.

Penerapannya di lingkungan pendidikan dapat dikatakan bahwa TIK mencakup perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi dan infrastruktur yang fungsinya berkaitan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Pemahaman mengenai TIK tidak hanya sebatas pada hal-hal yang canggih (sophisticated), seperti komputer dan internet, akan tetapi mencakup yang konvensional, seperti bahan cetakan, kaset audio, Overhead Transparancy (OHT)/Overhead Projector (OHP), bingkai suara (sound slides), radio, dan TV. 

Berikut ini pengertian teknologi dan informasi :
=> Teknologi 
      pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia                 menyelesaikan masalahnya 

=> Informasi 
     hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang                  mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya 

Pengertian teknologi informasi menurut beberapa ahli teknologi informasi : 
  1. Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar (kamus Oxford, 1995)  
  2. Teknologi Informasi  adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag & Keen, 1996)  
  3. Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999)  
  4. Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (Lucas, 2000)  
  5. Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (William & Sawyer, 2003)
referensi : 
[1] http://deviselviana3.blogspot.com/
[2] https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsSt_Hps3o11ItE-0Rw37KsLMQhuMoPfQ1_4FQaKvNNwxBNZbxGvF7ZPc8DEKRDUEJb_hx3uUc-ygoA28bfbt88B0hIMY41keR0DFGwGnl-G2-CeFWBfqjYtgxHSDKJed1JWU0mCTtrfo/s400/teknologi+informasi+dan+komunikasi.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentar Disini :