>

Kamis, 27 November 2014

Kabupaten Bangka Barat

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebuah daerah penghasil tambang timah terbesar dinusantara. Daerah yang begitu dikenal dunia karena kekayaan sumber daya alamnya yang melimpah. Namun kali ini pembahasan yang akan diulas adalah mengenai pariwisatanya yang mempesona. Provinsi ini terdiri dari 6 kabupaten dan 1 kota yang memiliki potensi wisata yang beranekaragam. Mulai dari wisata religi, wisata pantai, wisata sejarah, budaya dan masih banyak lagi.

Perjalanan kali ini akan tertuju ke sebuah kabupaten paling ujung bagian barat pulau Bangka, yaitu Bangka Barat. Kita awali dari Pantai Tanjung Kalian, dipantai ini berdiri sebuah bangunan mercusuar yang masih berfungsi hingga sekarang. Tak jauh dari berdirinya bangunan megah nan kokoh terdapat bangkai kapal bekas perang dunia II. Bila naik ke atas menara suar kita bisa melihat keindahan Kota Muntok dengan pelabuhan penyebarangan yang berdampingan dengan pantai ini.

Mercusuar Tanjung Kalian
Bangkai Kapal perang dunia II
Eksis Dulu
  


Batu Balai 
Pesanggrahan Menumbing (Pengasingan Pendiri Negeri)
  

Air Panas Juru Kecamatan Kelapa Bangka Barat
Jembatan Menuju Airpanas Juru Kecamatan Kelapa Bangka Barat

Dikota ini pula terdapat dua bangunan bersejarah pendiri negeri, wisma ranggam dan pesanggrahan menumbing. Sobat bisa gugling aja untuk mengetahui lebih lanjut tentang dua bangunan bersejarah ini. Masih banyak lagi tempat bersejarah yang wajib dikunjungi di kabupaten ini.

Saatnya kita hidupkan mesin motor tarik gas perlahan melajulah dengan santai menuju kecamatan kelapa Bangka Barat. Mungkin sobat bertanya-tanya kenapa saya tidak membahas detil pariwisata yang ada di Kota Muntok dan sekitarnya, jawabannya karena sudah banyak yang mengulas tentang itu semua. Kini fokuskan ke sebuah tempat wisata pemandian air panas Juru di Dusun Juru Desa Dendang Kecamatan Kelapa Bangka Barat.

Tidak seperti kecamatan tetangganya yang banyak tempat wisatanya, kecamatan kelapa ini hanya memiliki dua objek wisata, yakni pemandian airpanas Juru dan Pulau Nanas di desa Pusuk Kecamatan Kelapa. Bila dua objek wisata ini dapat dikembangkan dengan baik maka dapat membangkitkan perekonomian masyarakat yang ada dikecamatan kelapa khususnya dan kabupaten bangka barat utamanya. Tak Jauh dari kota bersantan ini juga terdapat pelabuhan kayuarang yang kini sudah tidak berfungsi lagi.

Mari Berkunjung ke Bangka Barat, ekplorasi pariwisata sejarah dan pantainya yang menawan.

2 komentar:

  1. Mantaap truzz kembangkan Tulisannya Pak Wahid... InsyaAllah ada AGUNG Gallery dimasa depan nanti

    BalasHapus
  2. Mantaap truzz kembangkan Tulisannya Pak Wahid... InsyaAllah ada AGUNG Gallery dimasa depan nanti

    BalasHapus

Tulis Komentar Disini :